• Erwin Eka Febriana P.

    Erwin Eka Febriana P.

    Ketua Asosiasi Herbalis Nusantaramore

  • Herbal Imunitas

    Herbal Imunitas

    Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuhmore

  • Terapi Mata

    Terapi Mata

    Terapi Penyembuhan Untuk Penyakit Matamore

  • Herbal Penurun Kolesterol

    Herbal Penurun Kolesterol

    Efektif Menurunkan Kolesterol more

Cara Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Perjalanan Mudik

Artikel » Cara Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Perjalanan Mudik

NUSAHERBAL.com – Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi rutin masyarakat muslim Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Persiapan dan rencana yang matang sejak jauh hari tentu sangat diperlukan. Bayangkan, berdasarkan pengalaman mudik di tahun-tahun yang sebelumnya, apa yang Anda alami? Mungkin Anda perlu mencari cara agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik demi lancarnya perjalanan mudik Anda.

 

Pertemuan dengan keluarga besar saat Lebaran termasuk momen yang sangat spesial untuk Anda yang biasa terjebak dalam rutinitas kerja. Anda pun harus mempersiapkan kondisi fisik maupun psikis Anda untuk menghadapi momen itu. Jangan biarkan momen spesial itu terganggu hanya karena Anda tidak sehat dan bugar. Tentu bagaimana perjalanan mudik Anda sangat mempengaruhi hal itu.

 

Bagi Anda yang membawa kendaraan baik motor atau pun mobil, sangat penting untuk melakukan cek up ke bengkel sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain kendaraan, berbagai kesiapan lainnya seperti fisik dan stamina juga harus menjadi perhatian utama dan tidak boleh dianggap sepele. Tentu itu demi keselamatan Anda sampai di kampung halaman. Nah, berikut ini adalah cara agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik:

 

Cek kesehatan. Berkonsultasi atau cek kesehatan sebelum pergi mudik sangat dianjurkan bagi anggota yang beresiko atau yang mempunyai riwayat penyakit berat seperti jantung, asma, diabetes dsb. Sedangkan bagi mereka yang mudik dengan membawa anak, akan lebih baik jika terlebih dahulu memeriksakan kondisi anaknya ke dokter anak.

 

Cek kondisi kendaraan. Semua ini Anda lakukan demi keselamatan anggota mudik di perjalanan. Anda bisa pastikan bahwa kondisi kendaraan Anda sehat sebelum mudik. Tentu Anda tidak mau mengalami stress akibat kendaraan mogok, ban meletus, rem blong atau bahkan kecelakaan bukan? Maka dari itu cek kondisi kendaraan sangat penting untuk Anda lakukan.

 

Atur waktu. Sebaiknya Anda melakukan planing berapa waktu tempuh yang Anda perlukan untuk sampai ke kampung halaman. Anda bisa tentukan dimana Anda akan berbuka, beristirahat sejenak, beli bensin dan lain sebagainya. Pengaturan waktu ini bisa membuat perjalanan Anda terkontrol. Biasanya, pengendara mobil akan berhenti sejenak setiap 4 jam untuk istirahat.

 

Bawa bekal  makanan.  Pemudik yang membawa anak harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi, terutama saat mampir di tempat makan di pinggir-pinggir jalan. Lebih baik membawa bekal makanan dari rumah jika Anda mengkhawatirkan kesehatan anak dan keluarga. Hal itu bisa Anda lakukan jika keadaan memungkinkan. Jika tidak, maka Anda bisa memilih tempat makan yang terjamin kesehatan dan kebersihannya.

 

Membawa obat-obatan pribadi. Meski kotak sehat biasanya sudah tersedia di mobil, ada baiknya jika Anda membawa obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan. Khususnya orang dengan alergi, sebaiknya minta obat alergi kepada dokter Anda yang tidak menimbulkan efek ngantuk dsb.

 

Penuhi kebutuhan cairan. Penting artinya untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama perjalanan mudik untuk mencegah dehidrasi dan menjaga agar tubuh tetap bugar. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan memilih minuman beroksigen atau pun cukup dengan air putih saja.

 

Lakukan Peregangan. Ada baiknya jika tubuh Anda terasa kaku dan agak pegal-pegal, berhenti dan lakukanlah peregangan paling tidak 5 menit. Dengan peregangan, sirkulasi darah jadi lebih lancar dan pikiran dan tubuh pun menjadi fresh kembali.

 

Jangan paksakan kondisi fisik. Jika mata mulai berkedip-kedip jangan sekali-kali memaksakan untuk terus berkendara, khususnya bagi pengemudi. Hati-hati dengan konsep kejar tayang, karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalan dan situasi jalan di depan. Orang yang sudah mengantuk, biasanya tingkat kewaspadaan dan konsentrasinya jauh berkurang. Lebih baik menepi, dan tidur sejenak sampai benar-benar rasa kantuk Anda hilang.

 

Demikianlah artikel tentang Cara Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Perjalanan Mudik. Semoga mudik Anda berjalan lancar sampai tujuan. Selamat menikmati suasana mudik Lebaran. Semoga bermanfaat.

 

 

HUBUNGI KAMI

Teguh - Customer Service 1

081232227444 / 085641034444

infopusat5@gmail.com

 

Chatting di YM

Yahoo! Messenger

 

 

PIN 762A3824

 

 

 

Alam - Customer Service 2

085329990002 / 085726726002

kotakpesan1@gmail.com

 

Chatting di YM

Yahoo! Messenger

 

 

PIN 73FDDF87

 

 

 

HARI & JAM KERJA

Senin-Sabtu, 08:00-16:00 WIB

Diluar jam kerja, bisa SMS/email

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru
Silahkan Kirimkan Email Anda Untuk Mendapatkan Pembaruan dari Kami