Artikel Kesehatan

14 Ramuan Herbal Untuk Kolesterol, Ampuh dan Aman

Bila kadar kolesterol telah melebihi dari batas normal, yakni 160-200 mg, maka akan berbahaya bagi tubuh. Maka ramuan herbal untuk kolesterol bisa menjadi alternatif pengobatan yang ampuh selayaknya obat.

Selain bisa didapat dan dibuat dengan sangat mudah, juga telah melewati proses penelitian.

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Kolesterol

ramuan alami mengatasi kolesterol

Cara kerja obat tradisional tergolong ampuh dalam menangani kolesterol jahat. Dapatkan khasiat tersebut dari bahan-bahan alami berikut ini:

  • Bawang Merah

Kadar kolesterol akan turun dengan minum jus dari satu sendok teh bawang merah yang ditambah jahe dan madu. Konsumsi ramuan herbal untuk penderita kolesterol ini satu kali setiap hari secara teratur.

  • Jus Jeruk

Seperti diketahui bahwa jeruk mengandung vitamin C, folat dan flavonoid yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Kolesterol akan normal secara alami dengan minum jus jeruk murni sebanyak 3 cangkir atau 750 ml setiap hari.

  • Cuka Sari Apel

Untuk menurunkan kadar kolesterol, minum segelas air putih yang dicampur satu sendok teh cuka sari apel organik. Bisa pula dengan menambahkan secara bertahap dalam jus lalu konsumsi dua atau tiga kali sehari selama satu bulan.

  • Minyak Ikan

Atasi kolesterol jahat dengan mengkonsumsi minyak ikan sekitar 1-4 gram per hari. Maka lemak dalam darah atau trigliserida akan menurun sekaligus mencegah terjadinya penyakit jantung.

  • Minyak Kelapa

Ramuan herbal untuk kolesterol dan darah tinggi selanjutnya adalah minyak kelapa organik.Minyak kelapa yang digunakan di sini bukanlah hasil proses olahan, melainkan minyak kelapa dari hasil olahan sendiri.

  • Ragi Beras Merah

Merupakan hasil fermentasi dari ragi merah yang dapat menghambat sintesis kolesterol. Namun alangkah lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Baca Juga :

  • Oatmeal

Penyerapan kolesterol jahat akan berkurang dan turun dengan mengkonsumsi oatmeal. Bisa ditambah dengan apel, kenari, buah atau bahan alami lain untuk meningkatkan kandungan serat larut dalam oatmeal.

  • Kacang-kacangan

Kacang yang bisa digunakan untuk mengendalikan kolesterol adalah kenari, almond, hazelnut dan jenis kacang lainnya. Khususnya mengkonsumsi kacang kenari yang kaya akan sterol dan serat dalam porsi yang tidak berlebihan.

  • Biji Ketumbar

Rebusan dua sendok teh bubuk biji ketumbar yang dicampur satu cangkir air sangat berguna bagi tubuh. Sebagai ramuan herbal untuk mengobati kolesterol,minum sebanyak dua kali sehari bersama susu, kapulaga atau gula.

  • Jus Anggur

Kandungan antioksidan dalam anggur menghasilkan fitonutrien sebagai zat anti mikroba. Konsumsi jus anggur secara rutin sekali setiap hari supaya kolesterol jahat cepat teratasi.

  • Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Caranya dengan makan bawang putih mentah atau yang sudah dimasak selama satu sampai tiga bulan secara rutin.

  • Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa dibuat menjadi ramuan herbal untuk turunkan kolesterol jahat dengan segera. Konsumsi air perasan jeruk nipis dalam segelas air hangat saat hendak tidur dan bangun tidur.

  • Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis untuk kesehatan tubuh cukup beragam, termasuk untuk mengatasi kolesterol. Selain ekstrak, kulit manggis juga dapat diblender untuk diminum secara langsung.

  • Bekatul

Bekatul mengandung serat pangan dan menghambat penimbunan kolesterol dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya bisa dengan disangrai tanpa minyak atau dikukus selama 30 menit lalu keringkan selama 10 menit.

Selain mengkonsumsi ramuan herbal untuk kolesterol, sertai pula dengan olahraga dan gaya hidup yang sehat. Semoga lemak jahat pergi dan tidak kembali lagi.

 168 total views,  1 views today