Artikel Kesehatan

5 Ramuan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh dan Mudah Dicari

Data dari WHO (World Health Organization) mengungkapkan bahwa pada 2015, dikabarkan bahwa 1,3 miliar warga dunia mengidap darah tinggi. 63 juta diantaranya berasal dari Indonesia. Jika Anda adalah salah satunya, nampaknya penting bagi Anda mengetahui ramuan penurun darah tinggi atau Hipertensi.

Menurut Dr. Tania Savitri, hipertensi adalah kondisi yang kronis dan  tak bisa disembuhkan. Hanya saja, Anda yang mengidapnya dapat berupaya melakukan langkah-langkah untuk menurunkan level ketinggiannya.

Sebagaimana dikutip dari Alodokter, tekanan darah yang disebut tinggi memiliki 2 tingkatan. Tingkatan pertama adalah yang berada pada kisaran angka 130/80 mmHg sampai 139/89 mmHg, sedangkan untuk level kedua pada angka 140/90 hingga lebih tinggi di atasnya.

Anda baru dikatakan normal, manakala memiliki tekanan darah di bawah 120 mmHg. Tentu saja, untuk mengetahuinya, Anda perlu memeriksakannya dengan alat Sfigmomanometer.

Dewasa ini, sudah banyak penelitian dan upaya pencarian terhadap ramuan darah tinggi. Yakni ramuan-ramuan yang dianggap mampu untuk menurunkan tensi darah. Sehingga resiko-resiko yang ditimbulkan dari penyakit ini dapat dihindari.

Berikut ini Saya akan ulas, beberapa ramuan alternatif penurun darah tinggi yang dapat Anda coba. Siapa tau, dengan ikhtiar yang lebih, hasil yang didapat juga berbanding lurus. Lantas, apa saja ramuan yang dimaksud?

  1. Bawang Putih
bawang putih ramuan penurun darah tinggi

Bumbu masak yang satu ini Saya yakin sangat mudah ditemukan. Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung atau pasar tradisional. Mengingat ia adalah bumbu rempah yang banyak digunakan dalam setiap resep masakan.

Pharmacognosy Review sendiri sudah melakukan studi pada tahun 2011 yang membuktikan efektivitas bawang ini untuk menurunkan tekanan darah. Cara menggunakannya dalam bentuk cair, bubuk, atau ekstrak. Bahkan, bisa juga dikonsumsi mentah.

  1. Jahe
jahe ramuan penurun darah tinggi

Jahe juga dikenal sebagai ramuan penurun darah tinggi yang mudah dicari. Mungkin Anda mengenal fungsi umumnya adalah untuk menghangatkan tubuh. Namun, studi menunjukan bahwa ia juga bisa digunakan sebagai ramuan yang bisa jadi alternatif bagi Anda.

Cleveland Clinic melansir bahwa jahe punya pengaruh untuk menurunkan tingkat kolesterol. Pada saat yang sama, kolesterol diketahui menjadi salah satu sebab tekanan darah menjadi tinggi.

Baca Juga :

  1. Seledri
seledri ramuan penurun darah tinggi

Efektifitas seledri pernah diujikan dalam studi yang dilakukan pada 2016. Bahwa efek dari ekstrak biji seledri bisa menurunkan Hipertensi pada tikus.

Berbagai senyawa yang terdapat di dalamnya memiliki khasiat untuk menunjang turunnya tingkat ketinggian tekanan darah. Misalnya apigenin, manitol, magnesium, dan fitosterol. Manfaatnya menurut Cleveland Clinic bisa diambil mulai dari daun hingga batangnya.

  1. Kayu Manis
kayu manis ramuan penurun darah tinggi

Bumbu rempah masakan yang satu ini juga bisa Anda coba. Journal Nutrition sudah melakukan publikasi ilmiah tentang sejauh mana Kayu manis mampu menjadi ramuan efektif penurun darah tinggi.

Dalam jurnal tersebut disebutkan, bahwa Kayu Manis memiliki hubungan dengan penurunan tekanan darah. Baik yang kategorinya Sistolik maupun Diastolik. Hanya saja, mengenai ini masih diperlukan penelitian lebih jauh.

  1. Kapulaga
kapulaga ramuan penurun darah tinggi

Rempah yang juga sangat mudah dijumpai dan dapat dijadikan alternatif adalah Kapulaga. Tumbuhan ini menurut Journal of Ethnopharmacology, dipercaya mampu menghambat reaksi dari kalsium yang ada dalam tubuh. Hal tersebut membuat Kapulaga bisa menurunkan tekanan darah.

Cara penggunaannya bisa melalui bubuknya, bisa juga mencampurkannya dalam bumbu masakan yang Anda konsumsi di rumah. Tertarik mencoba?

Meskipun ramuan penurun darah tinggi ini bisa saja Anda gunakan. Namun disarankan Anda membarenginya dengan menerapkan pola hidup sehat. Siapkah Anda melakukannya?

 415 total views,  1 views today