Artikel Kesehatan

Anda Sedang Batuk ? Coba Pakai 5 Ramuan Obat Batuk dari Bahan Dapur Ini Aja

Batuk adalah salah satu penyakit yang akan pertama kali menyerang Anda ketika sistem imun tubuh mulai melemah. Beberepa penyebab batuk bisa menyerang tubuh adalah antara lain alergi, infeksi, asam lambung, atau karena cuaca yang sednag tidak bersahabat.

Karena batuk ini sangat sering dan umum sekali menjangkit tubuh kita, daripada Anda terlalu sering konsumsi obat obatan kimia untuk menyembuhkan batu, kenapa tidak mencoba bahan herbal alami saja ?

Faktanya, banyak bahan yang ada di dapur yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Apa saja ? Nah.. ini lah yang akan Kami dari tim nusa herbal bahas dalam artikel kali ini. Jadi, bahan dapur apa saja yang bisa menyembuhkan batuk ?

1. Jahe

Jahe bagus untuk meredakan batuk kering atau asma, karena sifatnya yang anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga mampu meredakan mual dan nyeri. Senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Cara menggunakan jahe sebagai obat batuk adalah dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau perasan lemon untuk membuat rasanya lebih nikmat.

2. Madu

Melansir dari Medical News Today, madu juga bisa digunakan untuk meredakan batuk. Mengonsumsi madu juga bisa membantu melegakan tenggorokan saat batuk menyerang.

Bagaimana caranya ? campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal, bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Konsumsi campuran ini sekali atau dua kali sehari. Tetapi, jangan berikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.

3. Nanas

Nanas mungkin tidak populer sebagai obat batuk, tapi sebenarnya enzim bromelin yang terdapat di batang dan buah nanas dapat membantu meredakan batuk serta mengeluarkan lendir di tenggorokan, seperti yang dilansir oleh HealthLine.

Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari. Selain itu, bromelin di nanas juga dapat meredakan keluhan sinusitis dan alergi yang berkontribusi pada batuk dan lendir.

4. Kencur

Kencur juga salah satu bahan dapur yang dipercaya bisa mengobati batuk. Orang-orang biasanya meminum sari dari kencur untuk mengurangi batuk yang mereka derita. Kencur ditemukan mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri.

5. Berkumur dengan air garam

Yang terakhir ini adalah yang paling sederhana. Dan pastinya semua orang punya di dapur mereka. Air garam diklaim bisa mengurangi dahak dan lendir saat Anda diserang batuk berdahak.

Campuran air dan garam yang ideal untuk mengobati batuk adalah setengah sendok teh garam untuk satu cangkir air. Berkumurlah dengan air garam ini sampai batuk yang Anda derita terasa lebih baik.

Demikian artikel kali ini tentang bahan dapur yang bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah menyimak. Dan juga jangan lupa share artikel ini sebanyak banyaknya ke teman dan sahabat Anda ya.

 322 total views,  2 views today