Artikel Kesehatan

Jangan Anggap Sepele! Ini Gejala Stroke Ringan Yang Bisa Berakibat Fatal

contoh gejala stroke ringan

Stroke adalah kondisi dimana otak kekurangan pasokan oksigen. Jika otak sampai mengalami kekuranga oksigen, hal ini akan membuat sel otak mati. Kematian sel otak inilah yang membuat penderita stroke mengalami kelumpuhan atau cacat.

Sejauh ini stroke memang lebih dominan menyerang kelompok usia lansia. Tetapi, sebuah fakta mengejutkan telah ditemukan yaitu stroke ternyata juga menyerang kelompok usia yang jauh lebih muda. Bahkan, kelompok usia 35 tahun sudah ada yang terserang stroke.

Pada kelompok usia yang lebih muda, jenis stroke yang menyerang adalah jenis stroke ringan. Dalam istilah medis, stroke ringan ini disebut sebagai serangan iskemik transien atau transient ischemic attack

Tanda-tanda Orang Terkena Stroke Ringan

Transient Ischemic Attack atau stroke ringan adalah kondisi dimana berkurangnya aliran darah ke otak yang terjadi pada sementara waktu akibat tersumbatnya pembuluh darah.

Gejala stroke ringan ini biasanya ditandai dengan kelemahan pada kaki/tangan, mati rasa atau kelumpuhan yang bersifat tiba-tiba pada anggota tubuh, dan biasanya tejadi pada satu sisi dari tubuh dan kemudian membaik dalam waktu 24 jam.

Penyebab gejala stroke ringan adalah adanya pembekuan darah yang menyumbat aliran darah ke bagian dari otak secara singkat, tanpa meninggalkan kerusakan yang bertahan lama.

Baca Juga :

Tapi, serangan stroke ringan ini mempunyai resiko sangat tinggi untuk menjadi stroke yang serius di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah gejala stroke ringan yang mulai sekarang harus Anda perhatikan betul-betul jika tidak ingin hal buruk pada hidup Anda.

  • Mati rasa atau kelemahan otot, biasanya di satu sisi tubuh
  • Kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan
  • Pusing atau kehilangan keseimbangan
  • Penglihatan ganda atau kesulitan melihat dalam satu atau kedua mata
  • Gejala stroke ringan biasanya hanya berlangsung beberapa menit tetapi dapat bertahan hingga 24 jam
  • Pingsan
  • Kehilangan kesadaran
  • Kelumpuhan tiba-tiba wajah, tangan atau kaki, terutama pada sisi sebelah tubuh

Saat seseorang mengalami serangan stroke, Anda harus sesegera mungkin membawanya ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal.

Akan jauh lebih baik jika penderita stroke sudah ada di rumah sakit dalam masa golden period, yaitu tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Gejala stroke ringan pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat. Dan jika Anda sudah pernah mengalami gejala stroke ringan dan selamat, segera lakukan perubahan pola hidup ke arah lebih baik dengan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang, dan olahraga teratur 2-3x seminggu.

 39 total views,  1 views today