Artikel Kesehatan

Menjaga kesehatan Selama Pandemi dengan Ramuan tradisional

jahe ramuan penurun darah tinggi

Baik Anda yang sudah mendapatkan vaksin corona, maupun yang sudah, menjaga kesehatan agar tidak terkena infeksi virus corona adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan saat ini.

Terutama bagi Anda yang belum mendapatkan vaksin. Menjaga kesehatan dan imun tutup tetap prima adalah hal yang wajib.

Terlebih lagi, sepanjang tahun 2021 ini ancaman dan risiko tertular virus semakin tinggi dengan adanya varian corona jenis baru yang akan mengintai siapa saja, terlebih bila kondisi kesehatannya sedang menurun.

Kami menghimpun dari beragam kesaksikan para penyintas, yang kemudian dinyatakan sembuh dari COVID-19, tidak sedikit yang menceritakan bagaimana ramuan herbalbisa memulihkan daya tahan tubuhnya.

Baca Juga :



Dan, mengenai pemanfaatan ramuan herbal ini mendapat penguatan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo, melalui Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 tertanggal 19 Mei terkait Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan.

Dalam SE itu dijelaskan ada enam ramuan tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yakni :

ramuan pertama berbahan jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, gula merah dan air.

Lalu, ramuan kedua, bahannya adalah kunyit, lengkuas, jeruk nipis, air, gula merah.

Dan ramuan ketiga, pegagan, jahe merah, temulawak, air, gula aren.

Ramuan keempat, kencur, beras, daun pandan, gula aren, air.

Kemudian, ramuan kelima terdiri atas daun kelor (dua genggam) dan air (dua cangkir), di mana cara pembuatannya merebus air sampai mendidih, memasukkan daun kelor, lalu matikan api dan saring sesudah dingin. Untuk pemakaiannya, dewasa dua kali sehari satu cangkir, dan anak-anak dua kali sehari setengah cangkir.

Sedangkan ramuan keenam adalah bawang putih tunggal (lanang), air hangat dan madu.

Tentu saja, jika dirujuk pada sejarah panjang mengenai ramuan herbal, metode pengobatan ini adalah kearifan lokal yang sudah dimanfaatkan nenek moyang kita di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Terlebih dengan kekayaan hayati hutan Indonesia, maka jadi wajar kita punya warisan luhur ramuan herbal untuk menjaga kesehatan.

 17 total views,  1 views today