Artikel Kesehatan

Pentingnya Fisioterapi Stroke di Rumah

fisioterapi di rumah

Meskipun penderita stroke belum mampu melakukan aktivitas secara mandiri, dokter biasanya sudah mengizinkan pasien stroke ini untuk pulang dan melanjutkan fisioterapi stroke dari rumah. Inilah alasan kenapa perawatan stroke di rumah sangat menentukan tingkat kesembuhan pasien.

Ada banyak faktor yang sangat menentukan pada cepat atau lambatnya upaya penyembuhan pasien selama menjalani terapi stroke di rumah, diantaranya adalah :

  1. Dukungan dari keluarga.
  2. Kemauan pasien untuk sembuh, termasuk kedisiplinan pasien dalam menjalani program penyembuhan.
  3. Jenis terapi yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, pasien stroke berpeluang sembuh jika mendapatkan perawatan yang terbaik. Perawatan ini termasuk wajib melakukan perubahan gaya hidup, yang mencakup rutin berolahraga, berhenti merokok, dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Baca Juga :

Juga Anda jangan ragu untuk melibatkan fisioterapis profesional untuk memaksimalkan upaya pemulihan pasien stroke. Biasanya mereka akan melakukan observasi terkait kondisi pasien dan keluarga, sebelum akhirnya memutuskan jenis terapi terbaik yang dibutuhkan pasien.

Selain itu, terapis profesional pun akan memberi edukasi terkait apa yang harus dilakukan keluarga selama di luar jam terapi, serta memberikan rekomendasi terkait gaya hidup yang harus dijalankan pasien.

Adapun target utama yang diharapkan setelah pasien mendapatkan bantuan fisioterapi stroke adalah:

  1. Membiasakan pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  2. Melatih kemampuan fisik pasien.
  3. Mendapatkan dukungan sosial, terutama dari pihak keluarga.
  4. Lebih percaya diri, dan semakin termotivasi untuk kembali menjalani hidup secara normal.

Namun perlu dicatat, terapi pasca stroke sebaiknya dimulai sesuai anjuran dokter, dengan mempertimbangkan kondisi fisik dan psikologi pasien

 211 total views,  1 views today