Artikel Kesehatan

Ragam Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Darah tinggi adalah salah satu kondisi yang wajib diwaspadai karena bisa mengakibatkan komplikasi yang pastinya berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat termasuk mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi dengan cepat.

Berdasarkan yang disampaikan di helloSehat, penderita darah tinggi sebaiknya mengikuti panduan diet DASH. Yaitu dengan memilih makanan yang tinggi serat, kalium, protein, magnesium, kalsium dan makanan yang rendah kolesterol, lemak dan natrium atau garam.

Di antara makanan-makanan yang tergolong dalam kriteria tersebut ialah sebagai berikut.

Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

1.   Ikan

Ikan memang sebaiknya dimasukkan dalam menu makanan untuk darah tinggi. Karena berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan The Journal Nutrition, diketahui bahwa mengkonsumsi ikan yang berlemak seperti salmon sebanyak 3 kali dalam seminggu itu berdampak pada penurunan tekanan darah diastolik.

Di samping itu, sudah ada penelitian lain sebelumnya yang juga menemukan bahwa kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam makanan berbahan dasar ikan juga mempunyai efek menurunkan darah tinggi.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga di sini mengenai penambahan garam saat memasak ikan tersebut. Penambahan garam yang berlebihan bukannya semakin bagus untuk kesehatan, justru malah semakin meningkatkan tekanan darah.

2.   Oatmeal

Selain ikan, oatmeal juga termasuk makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Pasalnya, oatmeal ini kaya serat, tetapi rendah natrium dan rendah lemak.

Oatmeal bisa dijadikan pilihan saat sarapan. Namun jika Anda kurang suka dengan rasanya yang mungkin saja terlalu hambar, bisa ditambahkan madu atau buah segar.

3.   Kentang

Kentang juga didapuk sebagai salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat karena di dalamnya terdapat kandungan magnesium, kalium dan juga serat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan-makanan dengan kandungan tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi.

Namun sekali lagi, perhatikan penggunaan garam ketika memasak atau mengkonsumsi kentang. Alangkah lebih baiknya lagi jika kentang tersebut diolah dengan cara dibakar atau direbus tanpa ditambahkan garam sama sekali.

4.   Sayuran Hijau

Ada cukup banyak jenis sayur penurun darah tinggi, di antaranya ialah selada, sawi, lobak hijau, kale dan bayam. Sayuran hijau seperti ini mengandung serat, magnesium dan juga kalium.

Kaitannya dengan upaya menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau tersebut dalam kondisi yang matang setiap hari. Namun perlu diperhatikan juga sayurnya.

Utamakan mengkonsumsi sayuran yang segar mengingat sayuran dalam kaleng atau sayuran kemasan diketahui menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebab, sayuran yang seperti ini biasanya sudah ditambah dengan natrium.

5. Buah Bit dan Buah Berry

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan tahun 2013 oleh The Journal Nutrition, mengkonsumsi buah bit dalam bentuk jus juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan buat bit mengandung nitrat yang membantu membuka pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanannya.

Bahkan menurut para ahli, kinerja kandungan buah bit tersebut sudah bisa terlihat hanya dalam waktu 24 jam. Selain dijadikan jus, buah bit juga bisa Anda konsumsi setelah dikukus.

Adapun mengenai buah berry, terutama blueberry, mempunyai kandungan senyawa flavonoid. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan ini bisa mencegah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain perlu mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi dengan cepat, penderita juga sebaiknya menghindari makanan yang bisa memicu darah tinggi. Di samping itu, ada baiknya juga jika Anda mengukur tekanan darah secara teratur danterapkan pola hidup sehat agar tekanan darah tetap stabil. Semoga bermanfaat.

 226 total views,  1 views today